Select Page

Hai, perkenalkan saya Ariqy, seorang pemuda yang acap mengisi kesehariannya dengan menulis. Bagi saya menulis adalah cara untuk mengarsipkan kenangan. Saat ini saya sedang menempuh semester akhir di studi Ekonomi Syariah (Eksyar), Institut Pertanian Bogor.

Sebagai penulis, saya menghabiskan bertahun-tahun untuk belajar secara otodidak dan menemukan kenyamanan, hingga akhirnya saya bisa menyimpulkan bahwa menulis taklagi sekadar hobi, tapi juga passion. Dan saya sangat senang dan beruntung bisa mengenal orang-orang di sekitar saya yang turut membantu dalam proses belajar itu

Imam Ghazali mengatakan, jika kita bukan orang kaya, maka menulislah. Dengan menulis kita bisa diingat orang. 

Kemudian, pada suatu perlombaan pada tahun 2015, saya menemukan banyak teman-teman dari lintas angkatan Eksyar yang berhasil meraih posisi terbaik dalam bidang karya sastra dan kemudian muncul ide untuk membuat sebuah ‘wadah’ untuk kemudian kita bisa berdiskusi dan berbagi ilmu juga pengalaman.

Atas dasar itu, pada bulan Maret 2016 saya coba mengumpulkan teman-teman Eksyar lintas angkatan yang memiliki minat sama di bidang sastra untuk bersepakat membentuk sebuah komunitas kecil bernama “Komunitas Menulis Ekonomi Syariah”

Memang, kami belum memiliki nama pasti, dan untuk itu kami akan segera menyiapkan sebuah nama yang cocok untuk komunitas kecil ini.

Komunitas menulis ini merupakan mimpi saya untuk bisa mengembangkan soft-skill teman-teman dalam bidang menulis sastra. Di sini saya menyediakan sebuah ruang di mana kalian bisa berekspresi sebebasnya dalam bidang sastra:

1.  Puisi
2. Cerpen/Prosa/Novel

Pada dasarnya, ada banyak teman-teman yang menyukai bidang sastra namun tidak terlalu berani mengeksplorasi, entah karena tidak tahu hendak berdiskusi dengan siapa, atau mungkin alasan lainnya. Bersama komunitas ini, saya menantang teman-teman untuk mulai mengenali dan mengeksplorasi diri di bidang menulis sastra ini.

Saya seorang yang masih belajar menulis, dan saya ingin mengajak teman-teman untuk belajar bersama-sama. So, tunggu apa lagi?

Kegiatan ini direncanakan akan diadakan sesi online (by group chatting) dan offline (di mana saja asal bisa berkumpul) dengan materi-materi yang akan coba disusun seseru mungkin. Kita tidak hanya belajar menulis, nanti juga bisa berbagi tentang buku-buku yang sedang dan kelak dibaca, film yang menjadi inspirasi menulis, dan lainnya!

Kamu tidak perlu bisa menulis dulu untuk bisa bergabung di komunitas ini. Jika kamu punya ketertarikan di bidang sastra baik menulis dan membaca, ayo gabung! Saya tunggu kalian di sini. Ayo kita sama-sama gerakkan sastra di IPB.

Buat kamu yang anak FEM, walaupun bukan jurusan Eksyar, boleh bergabung! Komunitas ini tidak tertutup hanya untuk Eksyar aja, kok!

Jika tertarik bergabung, bisa langsung kontak di bawah ini:
WhatsApp: +6289636209258

Salam hangat,

MAR